Tugas 2

Posted: Oktober 6, 2010 in Uncategorized

1. Sebutkan dan Jelaskan 3 unsur yang menyebabkan munculnya Aktivitas Ekonomi ?
Jawab :
– Rumah Tangga Konsumsi /RTK, Rumah tangga konsumsi merupakan unit ekonomi yang paling kecil. Rumah tangga konsumsi adalah pemilik atau penyedia jasa dari berbagai faktor produksi. Rumah tangga konsumsi juga akan menggunakan barang dan jasa yang dihasilkan perusahaan untuk memenuhi kebutuhannya.
– Rumah Tangga Produksi/RTP/Perusahaan, perusahaan menghasilkan barang dan jasa, menggunakan faktor produksi untuk menghasilkan barang dan jasa, dan membantu pemerintah dengan menjalankan kegiatan pembangunan.
– Pemerintahan, Pemerintahan mencangkup semua lembaga atau badan pemerintahan yang memiliki wewenang dan tugas mengatur ekonomi. Dan pemerintah terjun langsung dalam kegiatan ekonomi melalui perusahaan negara (BUMN/BUMD). Mengatur perekonomian negara sehingga tercipta stabilitas ekonomi agar tidak merugikan masyarakat.
– Masyarakat Luar Negeri, melalui jalur perdagangan, pertukaran tenaga kerja, penanaman modal, pemberian pinjaman, dan pemberian bantuan.

2. Apa yang membedakan perusahaan dan lembaga sosial ? Jelaskan
Jawab :
– Perusahaan adalah suatu organisasi yang didirikan oleh satu atau beberapa orang yang bertujuan untuk menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat. Perusahaan merupakan tempat berlangsungnya produksi.
– Lembaga Sosial adalah suatu organisasi pola pemikiran dan pola perilaku yang terwujud melalui aktivitas kemasyarakatan dan hasilnya terdiri atas adat istiadat, tata kelakuan, kebiasaan serta unsur-unsur kebuadayaan yang secara langsung atau tidak bergabung dalam suatu unit yang fungsional.

3. Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi letak dan tempat perusahaan ?
Jawab :
– Fasilitas. Fasilitas perencanaan meliputi penentuan jenis ruang perusahaan perlu diberikan jangka pendek dan jangka panjang tujuannya.
– Kelayakan. Analisis kelayakan adalah penilaian terhadap biaya operasi yang berbeda dan faktor lain yang terkait dengan lokasi yang berbeda.
– Logistik. Logistik evaluasi adalah penilaian dari pilihan transportasi dan biaya untuk pembuatan calon dan fasilitas pergudangan.
– Ketenagakerjaan. Analisis Ketenagakerjaan menentukan apakah lokasi calon dapat memenuhi buruh perusahaan perlu diberikan jangka pendek dan jangka panjang tujuannya.
– Komunitas dan situs. Masyarakat dan evaluasi tapak melibatkan memeriksa apakah suatu perusahaan dan komunitas prospektif dan situs akan kompatibel dalam jangka panjang.
– Zona perdagangan. Perusahaan mungkin ingin mempertimbangkan manfaat yang ditawarkan oleh-trade zona bebas, yang merupakan fasilitas ditutup dipantau oleh layanan pabean mana barang-barang bisa dibawa tanpa persyaratan pabean biasa.
– Politik risiko. Perusahaan mempertimbangkan ekspansi ke negara lain harus mengambil risiko politik menjadi pertimbangan ketika mengembangkan strategi lokasi. Sejak beberapa negara memiliki lingkungan politik tidak stabil, perusahaan harus siap untuk pergolakan dan kekacauan jika mereka berencana jangka operasi panjang di negara-negara tersebut.
– Peraturan Pemerintah. Perusahaan juga mungkin menghadapi hambatan pemerintah dan pembatasan berat dan peraturan jika mereka bermaksud untuk ekspansi ke negara lain. Oleh karena itu, perusahaan harus memeriksa pemerintah-serta budaya-hambatan di negara lain ketika mengembangkan strategi lokasi.
– Lingkungan regulasi. Perusahaan harus mempertimbangkan berbagai peraturan lingkungan yang dapat mempengaruhi operasi mereka di lokasi yang berbeda. Regulasi lingkungan juga mungkin berdampak pada hubungan antara perusahaan dan masyarakat sekitar lokasi calon.
– Insentif. Insentif negosiasi adalah proses dimana sebuah perusahaan dan komunitas bernegosiasi properti dan manfaat perusahaan akan menerima, seperti keringanan pajak. Insentif dapat menempatkan peran penting dalam perusahaan pilihan dari sebuah situs.

4. Tunjukkan perbedaan antara lingkungan eksternal mikro dan makro dalam dunia usaha ? Jelaskan dengan contoh
Jawab :
– Lingkungan eksternal mikro yaitu lingkungan yang mempunyai pengaruh langsung terhadap kegiatan manajemen. Contohnya : penyedia, langganan, pesaing, lembaga perbankan dan bukan bank.
– Lingkungan eksternal makro yaitu lingkungan yang mempunyai pengaruh tidak langsung. Contohnya : kondisi perekonomian, perubahan teknologi, politik, dan sosial.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s